Senin, 03 Januari 2011

Betulkah harus siap?

Bismillah...
Bertambahnya umur, menjadikan kita melihat kembali, apa yang sudah kita lakukan di umur-umur yang sudah kita lewati. Apakah sudah terwujud mimpi-mimpi yang pernah ditulis? Apakah sudah menjadi baik dari tahun-tahun sebelumnya? Atau justru sebaliknya, menjadi kekanak-kanakan dan ingin terus dianggap remaja?
Itu pilihan Anda. 
Yang pasti kita pasti ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, menjadi dewasa dari sebelumnya.
Ana, kini berumur kepala dua. Ketika di hari tepat tanggalnya, ada suatu pikiran yang merasuki otak. Pikiran itu adalah rasa takut yang dihadapi di umur ini. Merasa harus selalu siap dengan apapun. Harus siap segala sesuatunya. Seperti apakah masalah yang akan dihadapi di umur ini?
Dewasa itu bukan pilihan lagi, namun jadi tuntutan. Akan dipertanyakan umur ini, di mana letak dewasanya? Di mana teladan untuk orang lainnya? Di mana kesholihannya?

Sahabat, ketika direnungi lagi dalam-dalam.. untuk apa sebenarnya kita menjadi dewasa? untuk apa kita menjadi teladan? untuk siapa itu semua kita lakukan? untuk kita sendiri kah? memuaskan batinkah?
Jika memang benar, hati tidak akan tenang. Karena itu akan menjadi tuntutan yang harus dipenuhi. Ketika tuntutan itu tidak kita dapatkan, akan ada torehan di hati.
Yaa,, hanya untuk Allah lah dewasa itu dilakukan. Hanya untuk Allah lah teladan itu dilakukan. Allah Maha Tahu yang kita inginkan. Maka Allah memberikan apa yang kita butuhkan. Yang hasilnya membuat kita menjadi lebih dewasa. Dari kedewasaan itulah, timbul keteladanan yang baik. Akhirnya, selain dewasa karena Allah, teladan pun karena Allah.

Tulisan ini dibuat sebagai tamparan untuk ana dan berbagi untuk sahabat semua..
Hanya butuh perubahan diri dari hari ke hari menjadi lebih baik.
Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Juga termasuk, detik ini harus lebih baik dari detik sebelumnya. Dan hari esok pun harus lebih baik dari hari ini. Impian-impian yang diinginkan juga harus menjadikan diri ini lebih baik dari sebelumnya..

InsyaaAllah...
^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar